VISI DAN MISI

VISI

“Meningkatkan kualitas dan jangkauan pelayanan public melalui tersedianya prasarana fisik bidang pekerjaan umum untuk meningkatkan rasa kenyamanan, keamanan, kemandirian serta kesejahteraan masyarakat”

MISI

  1. Mengoptimalkan potensi sumber daya manusia dan sarana yang ada untuk meningkatkan kinerja organisasi dalam pelaksanaan tugas pelayanan masyarakat
  2. Meningkatkan akuntabilitas dan kesinambungan dalam perencanaan program kerja dan perencanaan kegiatan bidang pekerjaan umum..
  3. Menupayakan terwujudnya prasarana jalan yang mantap untuk menunjang kelancaran / perkembangan ekonomidan pembangunan
  4. Mengoptimalkan penyediaan air irigasi untuk mendukung pengembangan pertanian dalam rangka meningkatkan ketahanan pangan
  5. Melestarikan dan mengembangkan potensi sumber daya air, guna mencukupi kebutuhan penyediaan air baku untuk pemukiman, industry dan pertanian.
  6. Meningkatkan pelaksanaan monitoring, evaluasi dan pengendalian program dan kegiatan pembangunan.
  7. Mengikut sertakan masyarakat dalam proses pembangunan (perencanaan, pelaksanaan, pengawasan)
  8. Mengusahakan tumbuhnya kesadaran masyarakat untuk merasa memiliki, menjaga, memelihara dan melestarikan prasarana fisik yang dibangun

KEDUDUKAN

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang merupakan unsur pelaksana urusan pemerintahan bidang pekerjaan umum dan penataan ruang

STRUKTUR ORGANISASI   

Kepala Dinas 

: Ir. Sugiharto, MM.    

Sekretaris      

: Triyoto Indiantoro, A.Ks.

Ka. Sub Bagian Program dan Keuangan

Ka. Sub Bagian Umum dan Kepegawaian

Ka. Bidang Bina Marga        

Ka. Seksi Pembangunan Jalan dan Jembatan

Ka. Seksi Pemeliharaan Jalan dan Jembatan

Ka. Seksi Pengelolaan Drainase dan Air Limbah 

Ka. Bidang Sumber Daya Air

Ka. Seksi Pembangunan S D A

Ka. Seksi Pengembangan dan Pengelolaan S D A

Ka. Bidang Tata Ruang dan Binjakon

Ka. Seksi Perencanaan Tata Ruang

Ka. Seksi Pemanfaatan dan Pengendalian Tata Ruang

Ka. Seksi Pembinaan Jasa Konstruksi

: Suroso, SE.

: Mundakir, ST,MM

: Wahyu Dian P, ST, MT.

: Wahyu Pamungkas, A.Md

: Muhammad Choirul Anam, SH

: Kapti Prasetiyo Aji, ST,M.Si

: Genro Wiyono, ST

: Heri Priyono, ST,MT

: Alfi Mohamadi, ST.

: Imung Tri Wijayanti, SP,MT,MA

: Moh Nur Aziz, SE,MT,M.Eng

: Kristiana H.W, ST

: Ulufi Ernawanto

TUGAS DAN FUNGSI

SEKRETARIAT

Sekretariat mempunyai tugas perumusan konsep dan pelaksanaan kebijakan, pengkoordinasian, pemantauan, evaluasi, pelaporan meliputi program, keuangan, hukum, kehumasan, keorganisasian dan ketatalaksanaan, pembinaan ketatausahaan, kearsipan, kerumahtanggaan, kepegawaian dan pelayanan administrasi di lingkungan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang.

Subbagian Program dan Keuangan

Subbagian Program dan Keuangan mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan perumusan, pengkoordinasian, pelaksanaan, pemantauan, evaluasi serta pelaporan bidang perencanaan dan program kerja serta pengelolaan keuangan di lingkungan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang.

Subbagian Umum dan Kepegawaian

Subbagian Umum dan Kepegawaian mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan perumusan, pengkoordinasian, pelaksanaan, pemantauan, evaluasi serta pelaporan meliputi pembinaan ketatausahaan, hukum, kehumasan, keorganisasian dan ketatalaksanaan, kerumahtanggaan, kearsipan, kepegawaian dan pelayanan administrasi di lingkungan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang.

Bidang Bidang Bina Marga

Bidang Bidang Bina Marga mempunyai tugas perumusan konsep dan pelaksanaan kebijakan, pengkoordinasian, pemantauan, evaluasi serta pelaporan bidang Bina Marga yang terdiri dari Pembangunan Jalan dan Jembatan, Pemeliharaan Jalan dan Jembatan serta Pengelolaan Drainase dan Air Limbah.

Seksi Pembangunan Jalan dan Jembatan

Seksi Pembangunan Jalan dan Jembatan mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan perumusan, pengkoordinasian, pelaksanaan, pemantauan, evaluasi serta pelaporan meliputi survey dan penyusunan analisis struktur jalan dan jembatan, penelitian, membuat rencana dan gambar jalan jembatan, meningkatkan dan pembangunan jalan jembatan mencakup kondisi fisik prasarana/ruas, peningkatan jaringan (pemanfaatan prasarana) dan peningkatan kondisi pelayanan serta menumbuh kembangkan peran serta masyarakat/swasta dalam pembangunan dan pengembangan jalan jembatan.

Seksi Pemeliharaan Jalan dan Jembatan

Seksi Pemeliharaan Jalan dan Jembatan mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan perumusan, pengkoordinasian, pelaksanaan, pemantauan, evaluasi serta pelaporan meliputi survey dan penyusunan analisis struktur jalan dan jembatan, penelitian, membuat rencana dan gambar jalan jembatan, pemeliharaan jalan jembatan mencakup kondisi fisik prasarana/ruas, peningkatan jaringan (pemanfaatan prasarana) dan peningkatan kondisi pelayanan serta menumbuh kembangkan peran serta masyarakat/swasta dalam pemeliharaan jalan jembatan.

Seksi Pengelolaan Drainase dan Air Limbah

Seksi Pengelolaan Drainase dan Air Limbah mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan perumusan, pengkoordinasian, pelaksanaan, pemantauan, evaluasi serta pelaporan meliputi survey dan penyusunan analisis struktur drainase dan pengelolaan air limbah, menyusun, menyiapkan, melaksanakan dan mengembangkan sistem dan fungsi manajemen pembangunan sanitasi drainase dan sanitasi air limbah serta menumbuh kembangkan peran serta masyarakat/swasta dalam proses pengelolaan drainase, pemeliharaan sistem drainase serta dalam penyelenggaraan dan pengembangan sanitasi air limbah.

Bidang Sumber Daya Air

Bidang Sumber Daya Air mempunyai tugas perumusan konsep dan pelaksanaan kebijakan, pengkoordinasian, pemantauan, evaluasi serta pelaporan meliputi bidang Sumber Daya Air yang terdiri dari pembangunan Sumber Daya Air, mengembangkan dan Pengelolaan Sumber Daya Air serta Penyediaan Sumber Air Minum.

Seksi Pembangunan Sumber Daya Air

Seksi Pembangunan Sumber Daya Air mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan perumusan, pengkoordinasian, pelaksanaan, pemantauan, evaluasi serta pelaporan meliputi pendataan, identifikasi, survey dan pembangunan pengelolaan air baku, pembangunan pengelolaan irigasi, daerah irigasi, pembangunan dan rehabilitasi sumber daya air dan menumbuhkembangkan peran serta masyarakat/swasta dalam pembangunan pengelolaan air baku.

Seksi Pengembangan dan Pengelolaan Sumber Daya Air

Seksi Pengembangan dan Pengelolaan Sumber Daya Air mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan perumusan, pengkoordinasian, pelaksanaan, pemantauan, evaluasi serta pelaporan meliputi pendataan, identifikasi, survey dan pengelolaan pemeliharaan air baku, pemeliharaan pengelolaan irigasi, daerah irigasi, dan menumbuhkembangkan peran serta masyarakat/swasta dalam pemeliharaan pengelolaan air baku.

Seksi Penyediaan Sumber Air Minum

Seksi Penyediaan Sumber Air Minum mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan perumusan, pengkoordinasian, pelaksanaan, pemantauan, evaluasi serta pelaporan meliputi pendataan, identifikasi, survey dan pengelolaan pemeliharaan dan pengembangan sistem dan fungsi manajemen penyelenggaraan air minum, serta menumbuhkembangkan peran serta masyarakat/swasta dalam penghematan pemanfaatan air minum.

Bidang Tata Ruang dan Pembinaan Jasa Konstruksi

Bidang Tata Ruang dan Pembinaan Jasa Konstruksi mempunyai tugas perumusan  konsep dan pelaksanaan kebijakan, pengkoordinasian, pemantauan, evaluasi serta pelaporan Bidang Tata Ruang dan Pembinaan Jasa Konstruksi yang terdiri dari Perencanaan Tata Ruang, Pemanfaatan dan Pengendalian tata Ruang serta Pembinaan Jasa Konstruksi.

Seksi Perencanaan Tata Ruang

Seksi Perencanaan Tata Ruang mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan perumusan, pengkoordinasian, pelaksanaan, pemantauan, evaluasi serta pelaporan meliputi penyusunan dan penyiapan dokumen keterpaduan serta dokumen peraturan pengendalian pemanfaatan ruang, pembinaan pengembangan kapasitas kelembagaan penataan ruang daerah, koordinasi penyelenggaraan penataan ruang daerah, bimbingan teknis Bidang Tata Ruang, peningkatan pemahaman masyarakat terhadap penataan ruang, menyiapkan bahan penyusunan dan dokumen perencanaan tata ruang meliputi dokumen RTR kawasan strategis kabupaten dan kriteria zona sistem kabupaten, dokumen RTRW, dokumen RDTR kabupaten, peraturan zonasi.

Seksi Pemanfaatan dan Pengendalian Tata Ruang

Seksi Pemanfaatan dan Pengendalian Tata Ruang mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan perumusan, pengkoordinasian, pelaksanaan, pemantauan, evaluasi serta pelaporan meliputi menyiapkan bahan dan menyusun dokumen perencanaan pelaksanaan mekanisme pengelolaan pemanfaatan ruang, menumbuhkembangkan kawasan perkotaan hijau, pelestarian warisan budaya/alam serta kawasan perdesaan berkelanjutan dan lahan pertanian pangan berkelanjutan, pengendalian pemanfaatan ruangan, pemberian insentif, disinsentif dan pengenaan sanksi terhadap pelanggaran penataan ruang, pengawasan, pemantauan serta evaluasi.

Seksi Pembinaan Jasa Konstruksi

Seksi Pembinaan Jasa Konstruksi mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan perumusan, pengkoordinasian, pelaksanaan, pemantauan, evaluasi serta pelaporan meliputi menyiapkan peraturan dan pedoman pembinaan tentang izin usaha jasa konstruksi, penyelenggaraan sistem menejemen kesehatan dan keselamatan kerja dan lingkungan (SMK 3 L), penyelenggaraa sistem menejemen mutu (SMM) meliputi standar , prosedur, kriteria terkait penyelenggaraan SMK 3 L dam SMM; melaksanakan pemberdayaan kepada penyedia jasa (perseorangan, badan hukum) meliputi monitoring kinerja penyedia jasa, mendorong pengembangan sumber daya manusia dan kemitraan, mendorong kemampuan teknologi jasa konstruksi dan dukungan kepada lembaga pertanggungan, pemberdayaan pengguna jasa terkait ketentuan keteknikan kontruksi, SMK 3L dan SMM, pemberdayaan kepada masyarakat, peningkatan peran serta masyarakat dalam pengembangan jasa konstruksi; melaksanakan pengawasan terhadap tata tertib penyelenggaraan untuk jasa konstruksi meliputi jumlah dan kualitas kegiatan, pengawasan terhadap pengguna barang / jasa konstruksi pengawasan tata tertib penyelenggara jasa konstruksi, meliputi pelaksanaan ketentuan tentang pengadaan jasa konstruksi, pengawasan terhadap ketentuan keteknikan, pengawasan terhadap SMK 3 L, pengawasan terhadap IMB, sertifikasi laik fungsi (SLF).